Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Khas Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu Pulau yang masuk dalam wilayan Kepulauan Seribu. Pulau ini tidak hanya cantik, tetapi juga memiliki banyak pesona dan keindahan yang unik dan menarik untuk dikunjungi sebagai tempat tujuan wisata. Pulau ini sudah terkenal sebagai tempat wisata yang mempesona dan bisa membuat para wisatawan yang pernah berkunjung ingin untuk kembali lagi mengunjungi pulau ini. Selain itu objek wisata yang ditawarkan juga beragam dan pastinya tidak akan membuat anda merasa bosan berada di pulau yang super indah tersebut.

Objek wisata yang bisa anda kunjungi adalah seperti berfoto dan melompat dari Jembatan Cinta, melakukan kegiatan camping di sepanjang pantai Pulau Payung dan Pulau Semak Daun, bersantai dan berjemur di Pantai Saung Perawan dan Pantai Cemara Kasih, mengunjungi Penangkaran Hiu dan Penangkaran Penyu Sisik, mengunjungi makam keramat, dan menikmati keindahan taman nasional bawah laut Pulau Tidung.

Tidak hanya menarik sebagai tempat tujuan wisata dengan beragam objek wisata yang ditawarkan, Pulau Tidung juga bisa menjadi sebuah surga bagi anda dan keluarga untuk berwisata kuliner. Anda sangat bisa menghabiskan waktu kebersamaan tersebut dengan menikmati kenikmatan kuliner khas dari pulau yang menakjubkan ini dengan keluarga dan orang-orang terdekat anda. Selain itu, jika anda sudah ingin kembali pulang ke daerah asal anda masing-masing, anda bisa sekalian membeli jajanan, atau pernak-pernik khas Pulau Tidung sebagai oleh-oleh untuk rekan-rekan atau keluarga anda di sana.

Makanan khas Pulau Tidung

Hidangan Laut Segar

Selain tempat untuk menginap, hampir di setiap tempat wisata yang ada di Indonesia, di sekitarnya kemudian banyak disediakan warung, restoran, kedai, atau juga café yang menyediakan makanan khas tempat wisata atau makanan khas daerah dimana tempat wisata tersebut berada. Contohnya saja objek wisata danau atau pantai. Disekitar lokasi objek wisata tersebut pasti sudah banyak tempat makan yang dibuka dan menyediakan hidangan laut. Begitu juga dengan Pulau Tidung. Sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang terkenal karena dikelilingi oleh lautan, pulau tersebut juga menyediakan berbagai hidangan laut segar yang bisa anda nikmati. Contohnya seperti udang, serbagai jenis ikan, cumi-cumi, sotong, kerang, kepiting, dan beberapa jenis hidangan laut lainnya yang bisa langsung dimasak sesuai dengan keinginan anda.

Ditempat makan tersebut anda bisa merasakan langsung kenikmatan dari masakan hidangan laut yang masih segar karena belum lama diambil dari lautan, dan juga kenikmatan masakan yang diracik dengan menggunakan bumbu khas penduduk Pulau Tidung. Tentunya kenikmatan tersebut terasa khas dan unik karena tidak akan anda rasakan di tempat lainnya.

Jajanan Khas Pulau Tidung

Selain makanan hidangan laut yang segar dan nikmat, anda juga bisa menikmati keunikan dan kelezatan dari jajanan khas Pulau Tidung yang mungkin hanya bisa anda temukan di pulau ini. Jajanan tersebut contohnya yaitu otak-otak ikan tenggiri yang dibuat asli dari daging ikan tenggiri yang lembut. Otak-otak ini diracik sedemikian rupa dengan bumbu-bumbu khas Pulau Tidung yang kaya dengan citarasa. Adonan yang terbuat dari daging tenggiri tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang yang kemudian cara memasaknya bisa dengan cara dipanggang atau dikukus.

Kenikmatan dari ikan tenggiri yang dicampur dengan bumbu khas Pulau Tidung ini bisa dinikmati dengan ataupun tanpa nasi. Kemudian sambil menikmati pemnadangan sekitar yang masih sejuk, indah, asri dan mempesona tentunya, anda bisa menghabiskan otak-otak tersebut dengan es kelapa muda, es teh, es jeruk, es soda, dan masih banyak lagi jenis minuman yang bisa jadi teman makan anda.

Kerupuk Cue

Kerupuk Cue merupakan nama dari salah satu kerupuk yang terbuat dari tepung sagu dan campuran daging ikan segar. Sekilas kerupuk ini memang mirip dengan empek-empek makanan khas dari Palembang, karena itu kerupuk ini juga sering disebut dengan empek-empek khas Puau Tidung. Kemudian biasanya, kerupuk ini bisa di goreng atau dikukus sebelum dapat dimakan. Lalu setelah itu anda bisa menikmatinya dengan dicocol ke bumbu kacang agar jadi semakin nikmat dan lezat rasanya.

Kerupuk Ikan

Hampir sama dengan kerupuk Cue, kerupuk ikan juga dibuat dengan mencampurkan tepung sagu dan ikan segar. Yang membedakannya dengan kerupuk cue yaitu kerupuk ikan dipotong lebih tipis sehingga rasanya lebih renyah saat di goreng dan kemudian dimakan.

Kerupuk Sukun

Apa anda tahu dengan buah sukun? Buah yang dari bentuk hampir sama dengan buah nangka namun biasanya berukuran lebih kecil. Buah tersebut ternyata juga merupakan bahan dasar untuk membuat kerupuk sukun khas Pulau Tidung. Kerupuk ini dibuat dengan cara home Inductry, sehingga anda bisa menjamin keamanannya karena dibuat tanpa bahan pengawet, perasa, atau pewarna. Rasa dari keripik sukun ini juga sangat unik karena ada perpaduan dari rasa gurih dan rasa sedikit manis yang khas. Jadi anda bisa menikmati kerupuk ini dengan santai sambil menonton tv, mengerjakan tugas, mengobrol, atau kapanpun anda mau.

Oleh-oleh Khas Pulau Tidung

Tidak hanya menjual makanan khas, di Pulau Tidung anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa benda yang bisa berupa cinderamata, pakaian, atau aksesoris yang menjadi khas Pulau Tidung. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Aksesoris khas Pulau Tidung

Jika anda salah satu penggemar aksesoris, atau ingin untuk membeli aksesoris sebagai oleh-oleh saat anda pulang ke rumah, anda bisa membelinya juga di Pulau Tidung saat anda berwisata ke pulau ini. Aksesoris yang bisa anda beli  dijamin khas Pulau Tidung dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang murah. Di sana dijual kacamata, bros, kalung, cincin, gelang, ikat rambut, sarung tangan, ikat pinggang berbahan kain atau kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat aksesoris tersebut juga beragam dan unik. Ada yang terbuat dari perak (silver). Plastic, kayu, kerang, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup murah tergantung dari tingkat kesulitan membuatnya dan jenis bahan yang dipakai.

Baju (T-shirt) khas Pulau Tidung

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa anda beli dan bawa pulang adalah oleh-oleh berupa baju (t-shirt). Keunikan dari oleh-oleh ini yaitu baju atau tersebut ada gambar Pulau Tidungnya.  Biasanya ada yang polos dan juga ada yang bercorak. Anda bisa memilih yang manapun yang anda suka. Selain unik, oleh-oleh baju atau kaos ini adalah oleh-oleh yang paling disukai oleh wisatawan sehingga menjadi oleh-oleh utama dari Pulau Tidung. Selain itu juga ada topi, jogger pants, dan ada juga baju muslim murah yang dijual di sana. Baju muslim tersebut juga salah satu oleh-oleh khas pulau yang unik dan menarik karena dibuat dari bahan katun yang ada logo gambar jembatan Cinta yang menjadi ikon khas Pulau Tidung. Untuk masalah harga, anda tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan relative murah dan terjangkau.

Selain itu, oleh-oleh khas Pulau Tidung lainnya selain aksesoris atau baju yaitu makanan atau jajanan khas pulau. Jajanan atau makanan tersebut yaitu kerupuk Cue, kerupuk ikan, dan kerupuk sukun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas.