Untuk bisa menikmati pesona alam bawah laut, anda memang harus menguasai betul yang namanya diving. Bisa menjangkau hingga belasan meter di bawah permukaan, dengan diving anda akan melihat keindahan hakiki terumbu karang. Hanya saja untuk bisa melakukan diving, butuh biaya besar. Hal ini akhirnya yang memicu keberadaan snorkeling. Dan tenang saja, snorkeling bisa juga dilakukan di pulau Tidung.

Yap, terletak di gugusan Kepulauan Seribu, untuk bisa mencapai pulau Tidung pun relatif cepat bagi masyarakat Jakarta. Karena hanya akan menghabiskan waktu 2-3 jam perjalanan menggunakan speedboat/kapal feri dari Muara Angke. Sesampainya di Tidung, anda bisa langsung menyewa peralatan snorkeling atau mungkin diving, bagi yang sudah memiliki lisensi menyelam.

Jika anda ingin lebih hemat, anda bisa mempersiapkan sendiri peralatan snorkeling atau diving. Dan bagi pemula, jangan khawatir karena pulau Tidung menyediakan petugas untuk memandu anda menikmati pesona bawah airnya.

Alam Bawah Laut Pulau Tidung Sangat Indah

Demi menggejot minat para wisatawan, petugas wisata pulau Tidung sampai mempersiapkan beberapa paket tour yang sudah digabungkan dengan snorkeling atau diving. Bahkan ada beberapa paket wisata yang juga menyediakan pilihan berkeliling Kepulauan Seribu, bukan hanya Tidung saja. Beberapa pulau yang biasanya masuk dalam bagian paket wisata selain Tidung adalah pulau Harapan, pulau Pramuka, pulau Pari dan pulau Payung. Baca juga Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Khas Pulau Tidung

Jika anda memang memilih ingin menikmati snorkeling dan mengamati keanekaragaman hayati bawah air pulau Tidung, maka hal pertama yang dilakukan adalah melakukan perjalanan ke Tidung. Biayanya bervariasi mulai dari Rp 30 ribu – Rp 50 ribu. Setelah itu anda harus memilih penginapan di Tidung dengan harga kisaran Rp 200 ribu – 300 ribu. Perbedaan harga ini dipicu dari fasilitas masing-masing penginapan dan ketersediaan kamar. Sementara itu untuk menyewa peralatan snorkeling, harganya relatif sangat murah yakni Rp 20 ribu – 40 ribu tiap jam.

Kenakan alas kaki khusus snorkeling/diving yang biasanya adalah berupa kaki katak supaya anda tidak merusak terumbu karang pulau Tidung dan habitat ikan-ikan cantik di bawahnya.