Untuk warga Jakarta dan sekitarnya, sudah tahu hendak menghabiskan waktu kemana akhir pekan ini? Berada pada jarak 40 km dari ibukota terdapat sebuah pulau wisata yang indah, bagian dari Kecamatan Kepulauan Seribu yaitu Pulau Tidung. Selain pemandangan pantainya yang menakjubkan, di sekitar pulau berpenduduk 5000 jiwa ini juga terdapat beberapa spot snorkeling yang indah.

Obyek wisata di Pulau Tidung

Anda penasaran obyek wisata apa saja yang terdapat di kawasan tersebut. Nah, berikut ini adalah daftarnya.

Tidung Kecil

Pulau wisata Tidung ini sejatinya memang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kawasan pulau utama atau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Tidung Kecil adalah bagian yang dijadikan lahan konservasi dengan digalakkannya penanaman bibit mangrove. Pulau mungil ini tak berpenghuni namun kerap dijadikan tempat berkemah untuk wisatawan. Selain itu Anda juga dapat menelusuri jejak sejarah di tempat ini dengan mengunjungi makam Panglima Hitam, pahlawan Banten yang menentang penjajahan Belanda.

Jembatan Cinta

Untuk mencapai Pulau Tidung Kecil dari pulau utama Anda bisa melintasi jembatan yang panjangnya 700 meter ini. Penduduk setempat memberi nama Jembatan Cinta karena ada mitos yang cukup kental di daerah ini berkaitan dengan asmara. Konon pasangan kekasih yang berkunjung berdua ke jembatan ini kisah cintanya akan berujung di pelaminan. Sementara bagi pasangan suami istri pernikahannya akan langgeng. Tapi tak perlu juga percaya 100%, bukan? Yang jelas tempat ini sangat indah untuk menyaksikan pemandangan lautan lepas sekaligus sunset dan sunrise.

Pantai Saung Perawan

Di sinilah biasanya para pengunjung menghabiskan waktu liburannya dengan berenang, bermain pasir, atau mencoba berbagai permainan air, seperti jet ski, sofa boat, donut boat, banana boat, serta kano. Tak perlu khawatir kepanasan karena di sekitar pantai ada banyak pepohonan rimbun tempat berteduh. Di sekitar pantai juga banyak pedagang makanan dan minuman yang dikelola penduduk setempat. baca juga bagaimana  bawa anak wisata ke pulau tidung 

Pulau Payung

Pulau ini sejatinya bukan bagian dari kawasan Tidung, namun tak ada salahnya untuk disinggahi. Pulau tak berpenghuni ini juga cocok sebagai lokasi berkemah untuk merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Beberapa bagian di sekitar Pulau Payung juga merupakan spot snorkeling yang indah.

Pantai Cemara Kasih

Pantai ini benar-benar tak boleh dilewatkan oleh para penghobby selfie karena penduduk setempat telah menyediakan spot yang instagenic untuk Anda. Anda bisa mengambil foto yang keren berlatar belakang lautan di ayunan yang diikatkan pada batang-batang pohon.

Konservasi penyu sisik

Tanah air kita menyimpan keanekaragaman fauna yang luas biasa tapi sayangnya beberapa dari mereka sudah semakin sulit ditemukan di alam liar. Salah satunya adalah penyu sisik. Untuk mengantisipasi kepunahan makhluk yang eksotis ini di Pulau Pramuka yang terletak tak jauh dari Pulau Tidung didirikan penangkaran satwa penyu sisik.

Di sini Anda bisa menyaksikan dari dekat bagaimana hewan tersebut dikembangbiakkan untuk kemudian dilepasliarkan. Momen-momen pelepasan tukik atau anak penyu ke laut juga menjadi atraksi wisata yang seru bagi pengunjung.

Pulau Semak Daun

Selain Pulau Payung, pulau Semak Daun juga cocok dijadikan lokasi berkemah untuk menikmati rasanya tidur di bawah bintang-bintang. Karena kondisinya yang dipenuhi semak belukar dan pepohonan, pulau ini pun diberi nama Semak Daun.

Taman Nasional Bawah Laut

Jangan lewatkan acara diving atau snorkeling saat liburan ke Pulau Tidung dengan menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Kawasan ini juga merupakan lokasi konservasi sehingga pengunjung pun diharapkan berhati-hati agar saat snorkeling tak sampai merusak terumbu karang. baca juga water sport di tidung kep seribu jakarta 

Yang mana pilihan Anda?